Cara penyiraman jamur tiram yang baik dan benar

oleh | Jul 16, 2019 | Budidaya jamur tiram | 0 Komentar

Sahabat sekalian para pembaca blog catatan Annida yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara menyiram jamur tiram. jadi setelah teman-teman mempersiapkan torrent atau bak penampung air dan juga kompresor mangkah selanjutnya adalah menyiram jamur tiram.
Prinsip penyiraman ini adalah lebih baik sedikit demi sedikit tapi rutin daripada sekali langsung banyak. Jangan sampai penyiraman ini membuat log rusak atau bahkan terlalu basah. Jika baglog terlalu basah nanti spora dan juga serbuk gergaji akan membusuk. Hal ini akan menyebabkan tumbuhnya ulat dan jamur jamur liar.
Untuk waktu penyiraman jamur tiram itu sendiri. Dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu dimana anda membudidayakan jamur tiram. jika anda membudidayakannya didaerah yang panas dan kering maka penyiraman akan lebih rutin. Tetapi jika daerah Anda dingin dan lembab maka untuk penyiraman nya agak sedikit ringan. Untuk mempermudah pembahasan akan saya bagi waktu penyiraman sebagai berikut.

1. Penyiraman jamur tiram pada waktu pagi hari

Untuk penyiraman pada waktu pagi hari ini biasanya dilakukan setelah pemanenan. Setelah Anda membersihkan semua sisa hasil panen dan memastikan bahwa lantai serta ruangan untuk budidaya jamur tiram bersih, maka anda baru boleh menyiram jamur tiram tersebut. jangan sampai menyiram ketika masih terdapat banyak sisa-sisa panen. karena hal ini akan menyebabkan pembusukan dan bau ruangan yang tidak sedap. Hal ini akan menyebabkan banyak hama yang akan masuk kedalam kandang jamur tiram anda.
Untuk penyiraman pada waktu pagi hari ini bisa sedikit banyak akan tetapi jangan sampai penyiraman membuat baglog terlalu basah. Anda bisa membasahi seluruh permukaan jamur tiram secara merata dengan menggunakan kompresor bertekanan tinggi. pastikan penyiraman menggunakan kompresor dengan tekanan tinggi akan tetapi mata kompresor diperkecil sehingga air akan keluar seperti kabut yang akan menyirami jamur.

2. Penyiraman jamur tiram pada waktu siang hari

Biasanya penyiraman ini dilakukan ketika suasana sudah tidak terlalu terik. Bisa jam 01.00 atau bahkan jam 02.00. Sehingga ruangan tidak terlalu panas ketika kita melakukan penyiraman. akan tetapi jika suhu ruangan terlalu tinggi dan suasana sangat amat terik. Anda boleh menyiram pada waktu itu misalkan saja jam 12.00 siang. hal ini dimaksudkan agar jamur tiram tidak keriting bahkan mati.
Untuk penyiraman pada baglog yang anda lakukan di siang hari ini tujuan utamanya adalah menurunkan suhu ruangan dan juga menurunkan suhu pada baglog jamur tiram. Penyiraman ini bisa dilakukan dengan menyemprot lantai pada kandang jamur tiram. Penyiraman ini juga bisa disemprot secara langsung di baglog bagian belakang sehingga suhu pada baglog bisa agak sedikit turun. penyiraman ini juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan ke udara agar kelembaban bisa lebih terjaga.

3. Penyiraman jamur tiram pada waktu sore hari

Sebenarnya untuk penyiraman pada waktu sore hari ini boleh dilakukan dan juga boleh tidak dilakukan. Hal ini tergantung dari kebutuhan di daerah anda. jika anda membudidayakan jamur tiram pada waktu musim penghujan penyiraman pada sore hari tidak perlu. Karena akan membuat jamur tiram yang dibudayakan menjadi sangat basah sehingga kualitasnya akan menurun. perlu Anda ketahui bahwa pemanenan jamur tiram biasanya dilakukan sore sampai malam hari atau pagi hari. Sehingga kalau anda menyiram jamur tiram terlalu basah pada waktu ini akan menyebabkan jamur anda kurang bagus kualitasnya dan harganya akan turun di pasaran.
Salah satu trik yang bisa anda lakukan untuk menjaga kualitas jamur tiram adalah dengan cara menyiram lantai dan udara bebas. Sehingga yang berubah adalah suhu dan kelembabannya bukan pada tingkat kebahasaan jamur tiram itu sendiri. Untuk penyiraman pada waktu sore hari ini saya sarankan untuk menggunakan kompresor tekanan tinggi dan mata kompresor yang sangat kecil. sehingga akan keluar seperti kabut dan hanya akan membuat ruangan menjadi lebih lembab dan stabil yaitu kisaran antara 16 sampai 25 derajat Celcius.
Untuk selanjutnya silahkan kita diskusikan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya semoga bernilai pahala.

Toko Bibit Jamur

Menjual Bibit Jamur Tiram Putih, Bibit Jamur Tiram F1, Bibit Jamur Tiram F2, Baglog Jamur.

Produk Kami Aman Terhadap Kontaminasi, Di Produksi Pengawasaan Ketat, Melalui Berbagai Tahap Untuk Menjaga Kualitas Dan Mutu Produk Bibit Jamur

Jamur Info

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca semoga artikel jamur info bisa bermanfaat bagi petani jamur di seluruh indonesia salam admin

Baca Juga artikel lengkap, Tentang Budidaya Jamur blog jamur info

Lihat Posting Terkait Ini

Cara Membuat Bibit Jamur Tiram

Cara Membuat Bibit Jamur Tiram

Cara Membuat Bibit Jamur Tiram Membudidayakan jamur dari berbagai jenis memiliki kesamaan tahapan antara lain 1. menyiapkan bibit jamur yang akan dibudidayakan, menyiapkan media tanam (proses pembuatan media tanam akan berbeda pada jamur kayu dan jamur kompos), proses...

baca lainnya
Cara Membuat Bibit F0 Jamur Tiram Putih

Cara Membuat Bibit F0 Jamur Tiram Putih

Bibit F0 Bibit F0 adalah bayi jamur yang ditumbuhkan pada media PDA (Potatoes Dextrose Agar). Jadi pertama kita buat dulu media PDA. Ini bahan-bahan, peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan Agar-agar (bisa mere kapa saja, pilih yang tidak berwarna) Gula putih 30 gr...

baca lainnya
Cara Membuat Bibit F2 Jamur Tiram

Cara Membuat Bibit F2 Jamur Tiram

Bibit F2 adalah bibit pada media tanam yang sudah siap memasuki siklus panen. Media yang digunakan untuk bibit F2 adalah serbuk kayu dan umumnya dimasukkan ke dalam kantong plastik ukuran 2 kg untuk memudahkan transportasi. Kantong plastik berisi serbuk kayu ini...

baca lainnya

0 Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cart Item Removed. Undo Have a coupon ?
  • No products in the cart.