Kisah Sukses Budidaya Jamur Tiram

Kisah sukses merupakan inspirasi untuk membangun jiwa optimisme dalam dunia usaha

Lagi lagi pelaku usaha merupakan motor penggerak ekonomi kerakyatan seperti yang di lakukan pemuda ini, khaerul yadi asal banten, yang menjadi pengusaha budidaya jamur dan investor saham, sukses di usia muda merupakan impian banyak orang untuk meraih kebebasan finansial.

Tapi untuk meraih semua itu butuh kerja keras dan kesabaran yang tinggi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal katanya

Kisah ini merupakan kesuksesan anak muda yang berhasil membudidayakan jamur tiram, dan kini menjadi investor saham di bursa efek indonesia,

Selain sibuk dalam bisnis budidaya jamur, pemuda ini selalu berinvestasi dari hasil keuntunganya di pasar saham,

Prinsip bisnis yang harus di miliki adalah kesabaran mengelola usaha dan jangan menghaburkan uang untuk keperluan konsumtif, kita harus menyisikan 30% dari pendapatan untuk kita investasikan kembali di berbagai sektor contohnya seperti investasi di pasar saham

Karna pasar saham di indonesia sangat menarik rata rata capital gain yang di proleh 20%-35%/ thn, melebihi bunga deposito dan obligasi katanya.

Untuk menjaga kesetabilan usaha di masadepan, hal yang paling penting adalah menjaga pertumbuhan portfolio,

Budidaya jamur merupakan bisnis yang masih bagus kalaw di lihat pasar yang semakin besar, kita melihat pertumbuhan permintaan setiap tahun selalu meningkat 30%, namun permasalahan kami dalam mengelola budidaya jamur di tingkat produksi masih ada sedikit kegagalan, di akibatkan faktor kontaminasi

Kunci sukses budidaya jamur yang sangat penting cuma 2 faktor

1. sterelisasi media

2. Bibit yang berkuakitas

Saran saya untuk petani jamur tiram, usahakan prioritaskan alat sterelisasi investasi alat ini sebetulnya sangat murah, tapi pengaruhnya besar dari tingakat keberhasilan kita dalam budidaya jamur , yang harus kita jaga suhu nya harus mencapai 100 drajat selsius itu point penting.

2. Bibit f2 berkualitas, bibit f2 yang kita beli atau kita produksi sendiri harus memiliki kualitas yang bagus juga, karna bibit yang bagus bisa menghasilkan miselium yang kuat untuk mengkonversi menjadi jamur yang berkualitas.

Budidaya jamur salah satu bisnis yang mempunyai resiko yang besar jika kita belum tau teknik dan manajemen, untuk pemula saran saya ikuti pelatihan budidaya jamur tujuanya untuk menimalisir resiko kita dalam dunia usaha kusus nya budidaya jamur.

Dan pilih produsen bibit yang mempunyai integritas, karna di lapangan banyak penjual bibit yang nakal menjual bibit jamur yang jelek dan merugikan petani jamur tiram, tandasnya.

Bantuan? Ngobrol Yuk

Berlangganan Newsletter Kami

ubscribe Ke Newsletter Kami

Bergabunglah Dengan Kami Untuk Mendapatkan Diskon Dan Berita Terbaru Tentang Budidaya Jamur

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima berita terbaru dan pembaruan dari tim k

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima berita terbaru dan pembaruan dari tim kami.

 

Selamat Anda Berhasil Berlangganan

Pin It on Pinterest